Tuesday, June 7, 2016

Cardcaptor Sakura (Anime atau Kartun)

Posted by Nuna Margie at 11:31 AM
Reactions: 

Cardcaptor Sakura

Bagi yang hari Minggunya dihabiskan buat nonton kartun di TV pasti nggak asing dong sama anime satu ini, Cardcaptor Sakura. Anime atau kartun ini di zamanku tayang di TPI tahun 1999-2000. Serial ini diputar setiap hari Minggu pukul 07.00 WIB - 07.30 WIB (08.00 WITA, 09.00 WIT). Lagu pembukaan dan penutupnya disulih suara ke dalam Bahasa Indonesia. Terus ganti ke stasiun RCTI mulai tahun 2002-2003. Serial ini diputar setiap hari Minggu pukul 11.00 WIB - 11.30 WIB(12.00 WITA, 13.00 WIT), pada 12 April 2003, Cardcaptor Sakura pindah jam tayang ke hari sabtu pukul 09.00 WIB. Lagu pembukaan dan penutupnya tetap menggunakan versi aslinya dalam Bahasa Jepang.

Cardcaptor Sakura (カードキャプターさくら kādo kyaputā sakura), seringkali disingkat menjadi CCS, ialah manga dan anime karya CLAMP. Cardcaptor Sakura diterbitkan di Jepang oleh Kodansha dan dijadikan suatu serial oleh Nakayoshi. Serial tersebut terdiri dari dua belas volume.
Seri anime di televisi (1998-2000) diadaptasi dari manga, terdiri dari 70 episode berdurasi 30 menit (yang dibagi dalam tiga season), dua film dijadikan layar lebar, dan beberapa edisi spesial. Di Indonesia anime ini ditayangkan di TPI (kini MNCTV) dan RCTI.

Animasi ini berkisah tentang Sakura Kinomoto, yang dalam versi animasinya, dikisahkan secara tidak sengaja membuka sebuah buku berisi Clow Card. Saat buku itu terbuka, semua kartu-kartu ciptaan Clow Reed sebanyak 52 lembar (17 lembar dalam manga) berhamburan ke seluruh penjuru kota Tomoeda. Sakura pun ditugaskan untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu itu dibantu makhluk bernama Cerberus (Kero), yang muncul bersamaan saat buku itu terbuka.

Dalam perjalanannya, Sakura ditemani oleh Tomoyo Daidouji, yang selalu mengambil gambar Sakura saat menyegel Clow card. Syaoran Li yang pada awalnya bersaing dengan Sakura dalam mengumpulkan Clow Card, namun akhirnya justru jatuh cinta dengan Sakura.
Pada sesi pertama dan kedua anime ini, kisah masih seputar bagaimana Sakura mengumpulkan seluruh Clow Card yang terpencar. Sebagian kartu yang disegel oleh Sakura menjadi milik Sakura atau Syaoran, bergantung siapa yang berhasil mengalahkan kartu tersebut. Pada akhir sesi, terjadi pertarungan untuk menentukan pemilik baru dari kartu dan kedua penjaga kartu tersebut, yakni Yue yang memiliki wujud sementara Yukito, dan Cerberus yang disebut Kero.

Sesi ketiga anime ini berlanjut dengan usaha Sakura untuk mengubah Clow Card menjadi Sakura Card yang baru, setelah ia ditetapkan sebagai pemilik baru. Intrik pun berlanjut, seperti kemunculan murid Eriol Hiiragizawa yang merupakan sebagian reinkarnasi Clow Reed, dan juga Syaoran yang selalu berusaha untuk mengungkapkan perasaannya pada Sakura.

Karakter

Sakura Kinomoto

Sakura Kinomoto adalah siswi kelas 4 SD Tomoeda yang penuh semangat dan ceria. Menyukai pelajaran musik dan olahraga, tetapi lemah dalam pelajaran matematika. Tinggal bersama Ayah, Fujitaka Kinomoto dan kakak laki-lakinya, Touya Kinomoto. Sakura tanpa sengaja membangunkan penjaga buku, Cerberus, dan menyebabkan Clow Card terlepas dari segelnya. Ia meminta sakura untuk mengumpulkan kartu-kartu tersebut dan menyegelnya dengan sebuah tongkat magic dengan ujung berbentuk paruh bersayap. Sejak saat itulah ia menjadi seorang Cardcaptor. Sakura mempunyai banyak kostum yang dalam anime didesain oleh Tomoyo. Kostum itu tidak hanya membuat sakura lebih elegan, namun juga terkadang mempunyai fungsi khusus sehingga membantunya dalam menangkap Clow Card. Sakura adalah seorang gadis berumur 10 tahun yang tinggal di kota fiksi Tomoeda, yang terletak di Jepang. Ia adalah siswi kelas 4 SD Tomoeda.
Sakura adalah seorang gadis yang periang dan enerjik. Ia sangat atletis dan menjadi anggota klub cheerleader di sekolahnya. Kalimat pantang menyerahnya "aku pasti akan baik-baik saja", membuatnya yakin dalam melewati segala rintangan dan cobaan selama mengumpulkan Clow Card.
Sakura adalah orang yang mudah bersahabat dan mempunyai rasa kepedulian yang besar terhadap sesama. Dalam menangkap kartu, ia sebisa mungkin berusaha untuk tidak menciderai orang-orang disekitarnya. Ia sangat disayang oleh keluarganya, terlebih oleh kakaknya Touya yang selalu berada didekatnya dimanapun ia berada. Pada awalnya Sakura jatuh cinta pada Yukito, teman sekelas Touya. Walaupun begitu ia adalah seorang gadis yang polos. Ia pun tak pernah tahu bahwa Syaoran menyukainya. Sakura mempunyai kekuatan magis yang dapat merasakan aura magis di sekitarnya, begitu pula dengan kakaknya yang dalam manga mereka sebenarnya adalah keturunan Clow, seorang penyihir terhebat pada masanya. Kekuatan magis sakura bertambah kuat seiring dengan jumlah Clow Card yang telah ia kumpulkan. Ia menggunakan tongkat pink dengan ujung bersayap untuk dapat menggunakan magicnya. Pada season pertama dan kedua, ia hanya memanfaatkan kekuatan clow untuk dapat menggunakan kartu. Akan tetapi pada season ketiga, kartu-kartu tersebut beralih kepemilikannya menjadi Sakura Card sehingga ia harus menggunakan kekuatan magicnya sendiri untuk dapat menggunakan kartu-kartu tersebut.

Tomoyo Daidouji

Tomoyo Daidouji adalah sepupu, sahabat sekaligus teman sekelas Sakura. Berasal dari keluarga kaya raya, pemilik perusahaan mainan bernama Doidouji. Dia sangat terobsesi untuk merekam aksi-aksi Sakura saat menangkap kartu dengan memakai kostum buatannya. Sebenarnya Sakura dan Tomoyo adalah sepupu, karena ibu Tomoyo, Sonomi Daidouji adalah sepupu ibu Sakura, Nadeshiko. Sebenarnya nih, Tomoyo menyukai Sakura, kalau dulu aku berpikir mungkin karena mereka bersahabat dan bersaudara. Rupanya, sukanya Tomoyo pada Sakura itu menjurus ke lesbian. Tomoyo ini ikut paduan suara. Dia pintar menyanyi dan suaranya bagus. Terdengar beberapa kali menyanyi. Lagunya cocok untuk pengantar tidur. Kalau mau download bisa klik di sini.

Cerberus

Biasa dipanggil Kero-chan oleh Sakura karena lebih singkat (dalam bahasa Jepang, Cerberus dilafalkan Kero-berosu). Berwujud seperti boneka hewan berwarna kuning dengan sayap dipunggungnya dan ekor yang menyerupai ekor singa. Wujud sebenarnya adalah makhluk penjaga buku yang menyegel Clow Card. Kero ini bersimbol matahari. Kero lah yang memberikan kunci berwujud tongkat kepada Sakura untuk menyegel Clow Card yang terlepas.

Syaoran Li

Teman sekelas Sakura yang berasal dari Hongkong. Pada awalnya ia bersaing dengan sakura untuk mengumpulkan kartu. Ia mempunyai kemampuan magis yang diturunkan dari orang tuanya. Dalam anime, ia mempunyai peran penting dalam mengumpulkan Clow Card. Syaoran pada awalnya menyukai Yukito Tsukishiro karena tertarik oleh kekuatan magic yang dimilikinya. Akan tetapi seiring kebersamaanya dengan Sakura selama mengumpulkan Clow Card, perasaan bencinya kepada sakura perlahan-lahan hilang dan ia mulai menyukai Sakura, dan akhirnya ia berperan penting dalam munculnya Sakura Card ciptaan Sakura "The Hope" yang ada di film Sakura Movie ke 2. Syaoran ini masih saudara dengan Clow.

Yukito Tsukishiro/ Yue

Orang yang disukai oleh Sakura. Yukito adalah teman sekelas dan sahabat Touya. Wujud sebenarnya adalah Yue yang merupakan penjaga Clow card bersimbol bulan. Di season tiga, saat Sakura harus merubah menjadi Sakura Card, keberadaan Yue dan Yukito hampir saja lenyap. Kakak Sakura, Touya, akhirnya memberikan kekuatan magicnya pada Yue agar keberadaan Yukito tidak lenyap. Maklum saja lambang Yue adalah bulan, bulan bisa bersinar dengan kekuatan matahari. Yue pun begitu harus menyerap energi pemiliknya agar terus hidup, padahal energi Sakura belum cukup dan masih harus merubah Clow Card menjadi Sakura Card. Ketika Sakura mengungkapkan perasaan pada Yukito, Yukito menolak Sakura karena menyukai orang lain. Rupanya orang lain itu adalah Touya. Di sinilah ada penyuka sesama jenis. Sebelumnya juga Syaoran menyukai Yukito.

Touya Kinomoto

Kakak laki-laki Sakura yang sangat suka membuat Sakura marah-marah dengan mengejeknya monster atau pendek. Siswa SMA Seijou, yang letaknya bersebelahan dengan sekolah Sakura. Touya adalah anggota klub sepakbola di sekolahnya. Touya ini memiliki kekuatan magic yang bisa menyadari sesuatu seperti Sakura. Ketika Sakura mengumpulkan kartu, sebenarnya Touya tahu tapi dia pura-pura tidak tahu. Touya juga mengetahui kalau Sakura menyukai Yukito. Kakaknya ini juga sering diam-diam membantu nyomblangin, meski akhirnya nanti Sakura patah hati. Touya selalu memiliki pekerjaan sampingan yang berbeda-beda, dan hampir semuanya di sekitar Sakura. Touya ini bisa melihat ibunya, Nadeshiko, tidak seperti Sakura yang tidak bisa melihat ibunya. Pernah sekali bisa melihat ibunya ketika sakit.

Fujitaka Kinomoto

Ayah Sakura, seorang Profesor Arkeologi di Universitas. Sangat pandai dalam hal memasak dan menjahit. Ayah Sakura ternyata sama seperti Eriol Hiiragizawa, seorang jelmaan Clow Reed yang terlahir kembali dalam 2 tubuh. Ayah Sakura ini menikah dengan Nadeshiko tanpa restu keluarga. Keluarga Nadeshiko yang menyayangi Nadeshiko tidak setuju menikah dengan Fujitaka karena Nadeshiko masih SMA dan Fujitaka hanya seorang guru muda. Sedikit yang menceritakan tentang keluarga atau masa lalu Fujitaka ini. Ia mengungkapkan bahwa ketika Clow Reed dibagi jiwanya (berusaha untuk tidak lagi menjadi penyihir paling kuat di dunia), ia membaginya menjadi dua bagian. Salah satu bagian ini menjadi Eriol Hiiragizawa, memegang semua sihir dan kenangan Clow, dan lainnya menjadi Fujitaka, yang tidak memiliki magic, tapi ayah orang yang akan mewarisi kartu. Dinyatakan bahwa Fujitaka tidak memiliki kekuatan magis, tapi ia juga tidak terpengaruh oleh sihir Clow, seperti mantra tidur Eriol. Pada akhir seri manga, Eriol memberikan setengah dari sihir untuk Fujitaka. Hal ini memungkinkan Fujitaka untuk melihat Nadeshiko, yang telah mengawasi keluarga sejak kematiannya.

Nadeshiko Kinomoto/Amamiya

Ibu Sakura, seorang model. Menikah saat berusia 16 tahun. Ia menikah dengan Fujitaka Kinomoto yang saat itu adalah gurunya. Meninggal pada usia 25 tahun, saat Sakura berusia 3 tahun. Nadeshiko suka makanan manis, tapi tidak bisa gemuk. Sangat disayangi oleh Sonomi, ibu Tomoyo. Nadeshiko memiliki sikap yang berlawanan dengan Sakura, tidak bisaa olahraga, tapi pintar bermain piano.

Sonomi Daidouji

Ibu Tomoyo, sekaligus saudara dari Nadeshiko Amamiya, ibu Sakura. Hal itu diketahui ketika ada festifal olahraga, ia adalah orang yang paling menentang pernikahan ayah dan ibu Sakura. Setelah mengetahui Sakura anak Nadeshiko, Sonomi selalu gembira saat ada Sakura. Bahkan melupakan sikap jaimnya sebagai pemilik perusahaan dan sering memasang wajah lucu di hadapan Sakura terutama saat mengingat Nadeshiko.

Kaho Mizuki

Kaho adalah anak penjaga kuil. Dia merupakan guru baru di SD Tomoeda. Ketika Sakura, Syaoran, Meiling dan Tomoyo terjebak oleh kartu Maze, Kaho menggunakan lonceng misterius menerobos dinding Maze ini memungkinkan Sakura untuk menangkap itu. Kaho membantu Sakura mendapatkan kesempatan menjadi master di penghakiman terakhir. Berbeda dengan Sakura yang menyukai Kaho, Syaoran justru selalu curiga dan waspada padanya. Kaho dulunya adalah pacar Touya ketika masih SMP. Waktu Touya SMP Kaho adalah gurunya. Saat berpisah Kaho mengatakan saat bertemu kembali nanti maka mereka berdua akan mencintai orang lain. Ternyata terbukti, Kaho mencintai Eriol (padahal masih SD) dan Touya mungkin mencintai Yukito. Kemudian Kaho pindah ke Inggris untuk belajar. Setelah Sakura menjadi master, Kaho kembali ke Inggris untuk kembali belajar. Kaho bertemu Eriol tiga tahun sebelum Sakura menemukan Kitab Clow. Ketika mereka pergi ke Inggris, Kaho dan Eriol mengkonfirmasi perasaan mereka satu sama lain dan bersumpah untuk tetap bersama-sama. Dalam anime, Kaho terakhir terlihat dalam film kedua.

Meilin Li

Sepupu dari Syaoran yang juga berasal dari Hongkong. Ia karakter yang hanya muncul dalam anime. Ia menyukai Syaoran. Meilin tidak memiliki magic tapi bisa kungfu seperti Syaoran. Meilin pernah berjanji akan menjadi tunangan Syaoran sampai Syaoran menemukan orang yang dia cinta, makanya Meilin selalu bilang Syaoran adalah tunangannya.

Clow Reed

Dia adalah penyihir yang awalnya menciptakan Kartu Clow, dan wali magis Cerberus dan Yue. Lahir dari ayah Inggris dan ibu Cina, Clow menciptakan jenis baru sihir yang dicampur Timur dan unsur magis Barat. Ketika Clow tahu ia akan mati, ia memilih keturunan yang belum lahir, Sakura Kinomoto, untuk menjadi wali baru dari kartu, Yue dan Cerberus. Kemampuan magis Clow memungkinkan dia untuk meramalkan sebagian besar masa depan dan merencanakan banyak situasi yang akan memungkinkan Sakura untuk berhasil dalam mengambil kepemilikan penuh dari Kartu Clow. Demikian juga, ia menciptakan Yue dan Cerberus untuk secara khusus melayani sebagai sahabat Sakura, dan sengaja membuat penyegelan tongkat merah muda, mencerminkan bahwa pengguna masa depan akan menjadi seorang gadis muda. Dia juga membagi jiwanya menjadi dua reinkarnasi, Eriol Hiiragizawa yang memiliki semua kenangan dan sihir miliknya, lalu Fujitaka Kinomoto, ayah Sakura. Dalam adaptasi anime, Clow tidak membagi jiwanya, dia hanya bereinkarnasi menjadi Eriol. Tapi tetap saja menurutku Sakura dan Touya memiliki magic karena reinkarnasinya Eriol.

Eriol Hiiragizawa

Eriol Hiragizawa bisa dibilang antagonis utama setelah Sakura menjadi master, biasa disebut Master of Clow Arc. Reinkarnasi dari Clow Reed, Eriol memiliki kedua memori Clow dan semua kekuatan sihirnya. Dia memiliki staf magis mirip dengan Clow Reed dan telah menciptakan pasangan penjaganya Ruby Moon dan Spinel Sun. Dia dari Inggris pindah ke SD Tomoeda setelah Sakura Kinomoto melewati kiamat dan menjadi master resmi dari kartu. Dia digambarkan sebagai anak yang pendiam, dewasa, meskipun ia juga menunjukkan sisi nakal ketika ia bersama Takashi Yamazaki bicara tentang sejarah benda-benda, tempat, dan acara. Syaoran Li curiga padanya, terutama karena Eriol terlalu baik pada Sakura yang membuat Syaoran cemburu. Hal ini segera menunjukkan bahwa Yue dan Cerberus dapat mendeteksi tanda gaibnya sebagai Clow, dan Eriol harus menghapus kenangan Yue bertemu dengannya setelah ia tidak sengaja terlihat oleh dia.

Keluarga Kinomoto:
Sakura | Touya | Fujitaka | Nadeshiko
Keluarga Li:
Syaoran | Meilin
Keluarga Daidouji:
Tomoyo | Sonomi
Berkemampun Magis:
Cerberus | Yue | Spinel Sun | Ruby Moon
Relasi dengan Clow:
Clow Reed | Eriol Hiiragizawa | Kaho Mizuki | Yukito Tsukishiro
Teman Sekelas:
Chiharu Mihara | Rika Sasaki | Takashi Yamazaki | Naoko Yanagisawa
Karakter lainnya:
Yoshiyuki Terada | Maki Matsumoto

Sebenarnya selama menonton ini ada hal yang bikin penasaran dan belum terpecahkan.
Pertama, bagaimana bisa seseorang bisa bereinkarnasi menjadi dua orang dalam waktu yang berbeda. Orang pertama adalah Fujitaka Kinomoto yang sebenarnya orang dewasa, kedua adalah Eriol Hiiragizawa yang adalah anak SD. Bahkan kekuatan Eriol lebih hebat dari Fujitaka sendiri.
Kedua, ada episode Natal. Tomoyo pulang lebih awal karena ingin membuatkan sesuatu yang bagus untuk Sakura. Nah, Sakura berkata "bukan sesuatu seperti rusa terbang bukan?" dan Tomoyo cuma tertawa. Nah di episode selanjutnya nggak ada tayangan lanjutan dari itu, padahal aku menantikannya.
Ketiga, kematian ibu Sakura. Kata Touya di episode pekan olahraga Sakura, mengatakan bahwa ibunya meninggal bukan karena karena pernikahan ibunya dan ayahnya sehingga jatuh sakit, tapi banyak hal yang terjadi pada keluarga lama ibunya (maksudnya keluarga ibunya yang menentang pernikahan mereka). Lah terus sebenarnya kenapa ibunya meninggal?
Keempat, Sonomi Amamiya (ibu Tomoyo) merubah namanya menjadi Sonomi Daidouji kemungkinan karena menikah dengan orang bernama Daidouji. Namun, di anime ini tidak pernah terlihat ayah Tomoyo, padahal tidak ada cerita bahwa ayahnya meninggal. Sakura pun bahkan penasaran kenapa Tomoyo tidak pernah bicara tentang ayahnya. Aku pun jadi penasaran gitu.

Banyak banget kontroversi di anime ini jika diperhatikan. Terutama kisah cintanya. Ada penyuka sesama jenis, ada hubungan cinta anak kecil dengan orang dewasa. Di beberapa negara anime ini dilarang tayang karena hal itu.

Jika ada yang mau download Cardcaptor Sakura, silakan komentar, nani akan kubuatkan link.

Sebenarnya aku juga mau bahas tentang Clow Card. Tapi, ulasan ini sudah terlalu banyak, mungkin akan disambung di part selanjutnya saja. Nanti aku akan buat ulasan khusus tentang Clow Card dan Sakura Card.

2 comments:

Sato said...

Terimakasih infonya untuk tahun tayangnya.

Nuna Margie said...

Sama-sama :D

Post a Comment

Nuna. Powered by Blogger.
 

Nuna Margie Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review