Tuesday, June 7, 2016

Barakamon [Anime]

Posted by Nuna Margie at 5:41 AM
Reactions: 

Barakamon (ばらかもん)

 

Hari kedua puasa nih teman. Semoga masih semangat ya.
Kali ini aku mau bahas tentang Barakamon.

Information
Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Jul 6, 2014 to Sep 28, 2014
Premiered: Summer 2014
Broadcast: Unknown
Producers: VAP, Nippon Television Network Corporation
Licensors: FUNimation Entertainment
Studios: Kinema Citrus
Source: Manga
Genres: Comedy, Slice of Life
Duration: 22 min. per ep.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older

Barakamon bercerita tentang Seishū Handa seorang kaligrafer profesional yang masih berusia muda. Saat seorang kalegrafer yang berusia lebih tua daripada dia mengkritik kaligrafinya pada suatu perlombaan, dan menyebut kaligrafinya sangat tidak orisinil, maka marahlah Handa, dan ia memukul kurator tersebut. Supaya dia bisa bangkit dari segala kesalahannya, ayahnya mengirim dia ke Pulau Gotō untuk menenangkan hati dan pirikannya. Di situ, dia bertemu dengan para penduduk desa yang berbudi baik, rendah hati, dengan kegotong-royongan yang tinggi. Hanya saja, penduduk sekitar sedikit usil, dan keusilan ini yang membuat hidupnya berwarna. Handa pun berinteraksi dengan mereka, dan mendapat banyak sekali pelajaran hidup.

Seishuu Handa (半田 清舟 Handa Seishū)

Tokoh utama dalam anime ini. Umurnya 23 tahun, dia seorang yang pandai kaligrafi. Dipanggil dengan nama Sei (), dan oleh masyarakat sekitar dia digelari dengan nama "Sensei" (先生). Dikenal dengan seorang yang berkepribadian mudah marah, dan seorang yang kalau berbicara agak menyakitkan. Pertama datang ke pulau dia merasa menjadi orang sial. Bahkan saat tiba di bandara, tidak ada satu taksi atau angkot pun yang datang menjemputnya. Untung ada kakek-kakek (kakek Naru) yang membawa semacam traktor untuk mengangkut hasil panen.
Awal tinggal di pulau, Seishuu ini merasa terganggu dengan ulah anak-anak di sana. Namun, nantinya akan terbiasa bahkan bisa dibilang akrab. Bahkan dengan Ken yang awalnya memusuhinya karena Naru menyukai Seishuu ini.

Naru Kotoishi (琴石 なる Kotoishi Naru)

Bisa dibilang heroine di anime ini. Umur 7 tahun (di episode-episode awal, umurnya 6 tahun). Dia adalah murid kelas 1 dari SD setempat, dan suka menangkap serangga. Naru ini berambutpendek suka dikuncir satu. Memakai tali dipinggang, seperti ikat pinggang gitu. Naru ini suka dengan perbuatan yang orang dewasa lakukan, dia akn bangga jika bisa melakukannya. Naru ini yatim piatu, dia bahkan hanya tinggal bersama kakeknya. Makanya dengan kehadiran Seishuu dia tidak merasa kesepian.

Miwa Yamamura (山村 美和 Yamamura Miwa)

Murid sekolah menengah berusia 14 tahun. Dia sedikit tomboy dan dialah temannya Tama dan Naru. Uniknya, Miwa memegang salah-satu dari 5 kunci rumah Sei. Satu di antara kuncinya hilang di gunung dekat belakang rumah, dan diketemukan oleh Seishū.

Tamako Arai (新井 珠子 Arai Tamako)   

Tamako atau yang bisa dipanggil Tama. Sama seperti Miwa, dia berusia 14 tahun, dan juga murid sekolah menengah. Dia berkeinginan menjadi seorang manga-ka/seniman manga. Dia dikenai pengaruh Yaoi. Tama ini pendiam dan lembut, tapi gegara pengaruh Yaoi dia bisa tiba-tiba menjadi seram dan menakutkan. Seperti hal yang pernah dia lakukan pada Seishuu. Tama meminta pendapat pada Seishuu tentang manganya, tapi malah justru menjurus ke pemaksaan.

Hiroshi Kido (木戸 浩志 Kido Hiroshi)

Anak dari kepala desa. Seorang anak SMA yang mendapat nilai tinggi. Dipanggil juga oleh kawan-kawannya Hiro-nii. Hiro ini dalam melakukan sesuatu selalu setengah-setengah, misalnya pelajaran, tampilan. Hiro memirangkan rambutnya agar terlihat nakal, tapi dia sendiri tidak bersikap nakal itu sebabnya dia melakukan hal secara setengah-setengah. Sejak kemunculan Seishuu dia pun berusaha melakukan segala hal dengan tidak setengah-setengah.

Hina Kubota (久保田 陽菜 Kubota Hina)   

Seorang anak kecil yang juga merupakan penduduk asli pulau tersebut dan sahabat karibnya Naru. Dia ini pemalu dan agak cengeng, lebih-lebih kalau baru bertemu orang asing. Hina ini meskipun bahagia, cari perhatian, sedih, dan sebagainya selalu diungkapkan dengan menangis. Seishuu sendiri sampai bingung harus bersikap bagaimana.

Kentarō Ōhama (大浜 謙太郎 Ōhama Kentarō)

Seorang bocah botak yang berkelakuan seperti Naru, dia ini enerjik dan seorang yang penuh semangat; saat pertama kali bertemu Seishū, maka diapun memukul bokongnya (tusbol) hingga kesakitan. Ken pernah bersaing dengan Seishuu untuk mendapatkan kumbang untuk hadiah ulang tahun Naru. Terkadang dia bersikap cemburu pada Seishuu karena Naru lebih perhatian padanya seperti di episode  menangkap mochi di atas kapal.

Akihiko Arai (新井 明彦 Arai Akihiko)

Dia saudara Tamako dan suka bermain game. Seorang yang berpemikiran dewasa, dan agak cerdas. Dalam anime ini aku bingung sebenarnya Aki ini cowok apa cewek. Rambut pendek berkaca mata, suka main game, tapi suara dan sikap seperti cewek. Aki ini disukai anak-anak di desa karena pintar main game.

Yūjirō Kido (Kepala Desa) (木戸 裕次郎 (郷長) Kido Yūjirō (Gōchō))

Kepala desa setempat. Ayah dari Hiroshi. Dia dikenal orang yang payah berhitung kalau barisnya dijejer ke bawah -tengok episode pertama. Orangnya agak usil, dan sebab itulah, dia dilempar Seishuu keluar rumah, bersama Naru. Beberapa kali kepala desa ini ketakutan ketika melihat Seishuu sedang membuat kaligrafi. Mungkin karena Seishuu terlalu bersemangat.

Ikkō Sakamoto (Kepala Sekolah) (坂本 一行 (教頭) Sakamoto Ikkō (Kyōtō)

Kepala sekolah dasar setempat yang di situ, Naru bersekolah. Dia hobi merokok dan suka memancing di kolam desa setempat. Sumpah penampilannya memang nggak pantes menjadi kepala sekolah, soalnya seperti preman. Saat musim panas, rambutnya ini keriting. Naru mengatakan seperti rumput laut (kalau tidak salah).

Takao Kawafuji (川藤 鷹生 Kawafuji Takao)

Kawan Seishū yang membantu keperluan-keperluan kaligrafi, dan yang lainnya. Mereka berteman sudah dari SMP. Kawafuji pernah mengunjungi Seishuu bersama Kanzaki. Kawafuji ini memiliki tato. Di awal dia datang ke pulau, Naru langsung mengikutinya menggambar tato di lengannya.

Kōsuke Kanzaki (神崎 康介 Kanzaki Kōsuke)

Kaligrafer, dia SMA. Dia mengidolakan Seishū Handa dan memulai kaligrafinya secara profesional semenjak melihat pertunjukan kaligrafi Seishū. Kanzaki ini juga memiliki gaya kaligrafi seperti Seishuu, yang berarti juga sebagai buku jiplakan. Seishuu kan awal mulanya memiliki gaya kaligrafer seperti ayahnya.

Kōsaku Kotoishi (Kakek Naru) (琴石 耕作 (なるのじいちゃん)

Kakek dari Naru ini, ada pada episode pertama. Dia menolong Seishū yang sampai ke pulau tersebut dengan berjalan kaki. Maka, si kakek membantunya setengah jalan, seraya berkata kalau tidak dibantu dia, pasti dia akan sampai ke tujuan selama setengah hari lebih.

Iwao Yamamura (山村 巌 Yamamura Iwao)

Ayah Miwa. Seorang eksentrik dan menakutkan, Seishū pernah menyebut orang ini dengan sebutan Yakuza. Ayah Miwa suka mencari rumput laut. Dia pernah meminta bantuan Seishuu untuk menuliskan nama di kapalnya.

Seimei Handa (半田 清明 Handa Seimei)

Ayah Seishū. Seishuu mengikuti gaya ayahnya dalam menulis kaligrafer. Ayah Seishuu pula yang mengirim Sishuu ke pulau. Dulu ayah Seishuu juga pernah tinggal di pulau itu dan bersahabat dengan kepala desa.

Emi Handa (半田 清明 Handa Emi)

Ibu Seishū. Dia cantik dan masih muda. Selalu memakai kimono. Meski terlihat kalem, sebenarnya dia memiliki tenaga yang kuat. Di episode hampir akhir dia melarang Seishuu kembali ke pulau karena merasa membuat Seishuu buruk.
  
Ini gambar sewaktu Naru merasa lebih dewasa, bisa membaca tulisan "buka ini" di susu kotak. Padahal setelah dicek oleh Handa bukan begitu tulisannya, melainkan "buka di sini". Muka Naru yang awalnya garang berubah jadi lucu gitu setelah tahu dia gagal menjadi dewasa karena salah baca huruf di kotak susu. Ingat banget Naru bilang "Mandom". Jadi keingat sama sesuatu gitu, semacam iklan di TV yg naratornya bilang Mandom.

Jika ada yang mau download anime Barakamon subtitle Indonesia silakan komentar di sini. Nanti akan aku buatkan link. :D

0 comments:

Post a Comment

Nuna. Powered by Blogger.
 

Nuna Margie Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review