Monday, June 13, 2016

Lakorn/ Drama Thailand Kabut Cinta (ความรักสีดำ)

Posted by Nuna Margie at 9:40 PM
Reactions: 
Sawaddi Kha!
Berhubung mau bahas tentang Thailand nih, jadi salam pakai bahasa Thailand deh, hehe. Kali ini saya mau bahas tentang drama Thailand zadul alias zaman dulu. Kenapa harus membahas tentang drama Thailand zadul? Soalnya saya pecinta drama zadul, nggak hanya Thailand, tapi Jepang, Cina, Korea, dan Telenovela juga sih. Asalkan zadul dan pernah aku tonton ya bakal suka. Cukup sekian pengantarnya.

Ngomong-ngomong soal Kabut Cinta, nggak cuma Cina yang punya loh. Akan tetapi juga Thailand punya. Saya sih nggak tahu kenapa judul Indonesianya sama dan kenapa harus menggunakan bahasa Indonesia. Intinya setelah bertahun-tahun jadi detektif dunia maya (ceilah kata-katanya), saya baru tahu drama Thailand yang dulu kutonton itu judulnya Kabut Cinta. Agar bisa membedakan Kabut Cinta Cina dan Thailand, maka untuk menyebut drama Thailand tersebut menggunakan imbuhan Mayawi (nama karakter utama perempuan). Jeng jeng, jadilah judulnya Kabut Cinta Mayawi.

Jadi, judul Indonesianya sih Kabut Cinta, tapi kalau dalam bahasa Thailand ความรักสีดำ (Khwām rạk s̄ī dả) padahal berarti Cinta Hitam (setelah aku translate di google). Cinta Hitam kenapa bisa jadi Kabut Cinta yah? Aneh, haha.

Pemeran Kabut Cinta adalah Sam Yurunan. Sam Yurunan nih banyak main drama yang ditayangin di Indonesia. Nggak cuma Kabut Cinta saja loh, pokoknya mah dulu banyak banget dramanya yang aku tonton. Seperti yang udah saya download drama Kutukan. Paling seneng deh sama drama Kutukan ini. Mungkin lain kali aku bakal posting tentang drama Kutukan yah.

Akhirnya melanjutkan postingan ini setelah sebelumnya masuk draft blog berminggu-minggu. Niatnya sih mau download dulu ini drama, biar pas nanti nyeritain ini drama bisa bener. Eh, setelah meluncur ke TKP (alias Youtube, soalnya pernah nemu drama ini lengkap di youtube) ternyata videonya sudah dihapusi sama youtube. Hiks. Sedih banget. Dulu padahal sudah nonton awal dan akhirnya. Waktu masih ada videonya sih niatnya download nanti-nanti saja, maklum episodenya bejibun (90an) jadi malas buat download. Mana nggak ada subtitlenya juga. Kalau bahasa Jepang mah aku masih bisa ngerti dikit-dikit (sering nonton anime sub Indo), lah kalau bahasa Thailand kan aku ngertinya sawaddi kha doang, haha. Tapi, berhubung sudah tahu alur bisalah didownload buat nostalgia (meski menebak-nebak apa yang dikatakan di drama). Apalagi waktu itu belum punya harddisk. Sekarang udah punya harddisk mau download eh malah udah dihapus di youtube. Nyesel banget. Padahal itu drama langka.


Bagi kalian yang tahu website yang nyimpan video-video dari youtube kasih tahu donk, siapa tahu di website lain masih menyimpannya gitu. Tapi, web yang seperti itu ada nggak sih? Hehe.
Tapi, bagi kalian yang niat banget nyari (aku juga sih), bisa cari dengan kata kunci ความรักสีดำ (2538). Inshaallah ketemu kalau memang ada. Soalnya pas aku nemu itu juga pakai kata kunci itu, jangan lupa cantumkan angka dalam kurung (mugkin itu tahun di Thailand kali yah, nggak tahu apa tapi berguna banget).


Lanjut cerita Kabut Cinta setahu aku saja ya. Jadi, ceritanya begini. Pemeran utama wanita bernama Mayawi (Jintara Suka.... siapa gitu lupa, suka-suka ajah deh, haha), nah pemeran utama pria bernama Rud, Rut, lup atau Lut terserah ajah deh pilih yang mana sesuai yang dulu kalian dengar (Sam Yurunan).

Mayawi menikahi seorang pilot tentara, tapi keluarga pria tersebut tidak suka dengan Mayawi. Nah, suami Mayawi ini ditugaskan di medan perang. Selama suaminya nggak ada di rumah nih, si Mayawi disiksa gitu. Bahkan pas Mayawi hamil besar, masih ajah disiksa. Terjadilah penyiksaan dari hari ke hari. Sampai Mayawi bisa keluar dari rumah tersebut, nggak ingat apakah ditendang ke luar apa memang kabur.

Nah, bertemulah si Mayawi dan Rud. Mayawi sedang mencari kerja gitu, maklum sudah ditagih uang kontrakan. Rud  Nah, mungkin karena merasa bersalah ya, si Rud ini jadi dekat dengan anak Mayawi. Padahal awalnya Mayawi dan Rud ini saling musuhan. Bahkan ada adegan di mana, Mayawi harus memisahkan anaknya dari Rud, atau Rud yang ingin memisahkan diri dari Oh. Si Oh ini nangis nggondeli Rud nggak mau pisah gitu. Udah seperti bapak gitu ya.

Terlibatlah kisah cinta di antara Mayawi dan Rud. Hingga akhirnya mereka bersama dan memutuskan untuk menikah.

Yang paling aku inget banget nih, episode terakhir. Di mana Mayawi dan Rud sudah hidup bahagia bersama, tiba-tiba mantan suami Mayawi (yang dikira sudah meninggal) datang ke rumah mereka. Mantan suaminya menemui Mayawi nih. Pas Rud dan mantan suami Mayawi mereka bicara, si Rud ini melihat mereka. Rud sepertinya sedih kecewa gitu, mungkin saja Mayawi bakal kembali pada mantan suaminya. Nah, pergilah Rud ke padang rumput, mungkin buat nenangin diri atau bahkan kabur. Rud nggak tahu saja kalau ternyata Mayawi memilih untuk tetap bersama Rud dan menolak mantan suaminya.

Nah, si mantan suami yang nggak terima ditolak begitu saja pun pergi. Bukan pergi dari kehidupan Mayawi sih, tapi justru pergi mencari Rud. Ketemulah Rud di padang rumput gitu. Saat itu ada gerhana matahari, jadi agak-agak redup gitu. Nah, si mantan suami Mayawi ini udah bersiap bersama temannya membawa senapan. Ditembaklah si Rud ini tepat di dadanya. Sekarat deh.

Teman Rud (cowok berrambut panjang) dan Mayawi ini juga mencari Rud. Teman Rud ini juga membawa senjata. Tahu Rud ditembak, dia pun menembak mantan suami Mayawi ini. Mayawi langsung menghampiri Rud yang sekarat.

Adegan terakhir nih Mayawi bersama Oh di sebuah kuburan yang ternyata kuburannya Rud. Mereka nangis gitu. Sad ending sih menurutku. Sudah ceritanya lama panjang dan berliku berakhir dengan kematian Rud.

Meski begitu drama ini the best lah buat aku. Dulu nonton drama ini nggak sering, jadi banyak yang loncat-loncat gitu. Judulnya saja dulu nggak tahu, yang kutahu sih ini tayang di sini jam segini. Jangan sampai lupa nonton, gitu. Haha.

Bagi yang sudah pernah download, bisa donk bagi-bagi. Kalau yang kalian download hilang kan masih ada yang punya. Gitu. Mengantisipasi kalau terjadi hal macam di youtube yang tiba-tiba dihapus karena menyalahi apa gitu.

Oh, ya. Katanya Rud ini awalnya gigolo ya? Kalau nggak salah sih dia jadi simpanan wanita kaya, nah wanita kaya itu punya suami dan anak tiri. Kalau nggak salah juga anak tiri dari wanita itu juga menjadi kekasih atau suka sama Rud gitu.

Ngomong-ngomong Ost Kabut Cinta ini bagus banget. Setelah didengar dengan seksama, dulu ini pernah diindonesiakan dan malah lebih bagus. Namun, judul dan penyanyinya nggak tahu. Coba judul Indonesianya nggak sama kayak Kabut Cinta juga, pasti lebih mudah dicari.

0 comments:

Post a Comment

Nuna. Powered by Blogger.
 

Nuna Margie Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review