Tuesday, June 7, 2016

Daa! Daa! Daa! atau Ufo Baby (Animasi)

Posted by Nuna Margie at 9:13 PM
Reactions: 

Daa! Daa! Daa! (Ufo Baby)

Ini salah satu animasi paling kusuka yang tayang di TV. Kenapa suka? Ceritanya komedi romantis gitu. Animasi ini tayang di RCTI tahun 2002, tayangnya pun pagi banget sekitar jam 7an, jadi terkadang aku nggak nonton, hehe. Maklum ajah mumpung Minggu biasanya aku bangun siang.

Cerita dimulai oleh Kozuki Miyu, anak SMP dari Kozuki Miki dan Kozuki Yuu. Kozuki Miki, mama Miyu, adalah seorang astronot, sementara itu ayah Miyu, Kozuki Yuu adalah seorang ilmuwan. Orangtua Miyu pindah ke Amerika untuk bekerja di NASA. Maka, Miyu pun dititipkan pada kerabat dekatnya, Saionji. Miyu sebenarnya ingin ikut, tapi orangtua mereka melarang gitu. Orangtua Miyu memberi sebuah peta tempat tinggal Saionji. Miyu yang mengira rumah Saionji rumah mewah pun kecewa saat tahu bahwa rumah yang diimpikannya ternyata sebuah kuil.

Hakushoo Saionji, merupakan seorang pendeta, menyilakan Miyu untuk tinggal. Ketika mandi, Kanata Saionji (anak Hakushoo Saionji) tiba-tiba masuk kamar mandi. Mengetahui tiba-tiba ada laki-laki yang masuk pun menjerit. Keduanya mulai canggung di meja makan. Bahkan terkesan berantem.

Malam itu juga, Hakushoo Saionji ditelepon untuk melakukan trining ke India. Akhirnya tinggallah mereka berdua di rumah itu. Miyu yang merasa kurang nyaman karena hanya mereka berdua pun memutuskan untuk pergi. Kanata melarangnya karena Miyu anak perempuan, Kanata memilih dirinya yang pergi. Saat berantem itulah tiba-tiba ada sesuatu yang bercahaya. Rupa-rupanya ada ufo yang di dalamnya ada anak kecil. Bayi itu langsung memanggil mereka mama dan papa. Kanata memegang bros berbentuk binatang yang menempel di tubuh Ruu, berubahlah jadi Wanya si Sitterpet.

Dimulailah kisah mereka yang tinggal bersama. Mereka harus berbohong sana sini untuk menutupi bahwa Ruu dan Wanya seorang alien. Ruu diakui adik oleh Miyu. Pada kenyataannya banyak alien yang menyamar sebagai manusia di bumi. Di animasi ini banyak sekali bertemu dengan alien dari planet lain yang mengunjungi bumi. Bahkan rumah Saionji ini sering dijadikan markas mereka.

Di akhir cerita, rahasia Ruu dan Wanya terbongkar. Namun, karena ada kesempatan untuk pulang, teman-teman dan alien lain justru membantu Ruu dan Wanya pulang ke planetnya. Akhirnya Ruu dan Wanya bisa kembali deh ke planetnya.

Adegan terakhir sih Kanata dan Miyu akhirnya menikah dan memiliki anak perempuan bernama Miu. Miu ini meski perempuan mirip sekali dengan Ruu sewaktu bayi. Momoka sering main ke tempat mereka. Ruu dan Wanya menjenguk mereka, Ruu saat itu sudah besar.

Karakter:

Miyu Kozuki (光月 未夢 Kōzuki Miyu)

Gadis berambut pirang berumur 14 tahun. Kedua orang tuanya pergi ke Amerika Serikat untuk bekerja pada NASA, yang dijelaskan pada awal cerita. Orang tuanya yang mengatur agar Miyu tinggal bersama dengan teman lama mereka, Hosho Saionji yang tinggal dikuil tua di atas bukit. Tetapi dia tiba-tiba pergi ke India selama setahun dan meninggalkan Miyu untuk tinggal bersama dengan anak laki-lakinya, Kanata.
Miyu sering berkelahi dengan Kanata di awal, tapi kemudian mulai menyukainya. Pada mulanya Miyu menyangkal perasaannya untuk dia, tapi segera dia mulai menyadari bahwa dia memang suka padanya. Dalam manga, ia mengungkapkan bahwa Miyu dan Kanata telah berciuman dua kali. Volume 9 (bab 46, halaman 34), Miyu ingin mengatakan pada Kanata perasaan yang sebenarnya tapi tidak bisa. Dia juga naksir Mizuki Yamamura (adik Mikan); dalam satu episode, ketika dia dan Kanata membantu Mikan membuat manga.
Dia merasa kasih sayang yang mendalam untuk Ruu, yang merasa seperti ibunya. Miyu ditampilkan sebagai seorang gadis biasa dengan baik, murah hati, kepribadian keibuan. Dia ceria, tetapi juga memiliki hati yang lembut yang mudah tersentuh. Dalam episode "Nozomu-kun Goes ke Dream World", mimpi terdalam Miyu adalah bersama-sama dengan keluarganya (termasuk Kanata, Hoshou, dan Hitomi, Wannyā dan Ruu. Dia sangat peduli terhadap Christine, dalam episode "The Hike of Fear", dia mengatakan kepada Wannyā untuk tidak menyakiti Christine. Bab 41 mengungkapkan bahwa Miyu lebih muda dari Kanata.
Dalam manga berakhir (berbeda dari anime) Miyu tidak pindah sekolah. Meskipun mereka peduli satu sama lain, Miyu dan Kanata sering berdebat, tetapi di Episode 55, mereka mengakui perasaan mereka satu sama lain. Bertahun-tahun kemudian, ia menikah dengan Kanata dan tinggal di kuil. Putri mereka, Miu, bertemu Ruu ketika dia berusia 12 tahun; cerita ini dilanjutkan di Shin Daa Daa Daa. Dalam manga, Hanakomachi Kurita (kakak Momoka ini) naksir Miyu, yang membuat dia tidak nyaman. Di akhir cerita Miyu dan Kanata menikah dan memiliki anak bernama Miu.

Kanata Saionji (西遠寺 彷徨 Saionji Kanata)

Karakter utama pria dalam cerita, merupakan salah satu anak laki-laki yang paling populer di sekolahnya, terutama dengan anak-anak perempuan, karena ketampanan dan sikapnya. Tidak hanya unggul dalam studinya, ia juga baik di olahraga. Tak lama setelah Miyu tiba di rumahnya, ayah Kanata ini menyatakan bahwa ia ingin meninggalkan perjalanan selama setahun ke India untuk mencoba mencari pencerahan dan meninggalkan Kanata dan Miyu yang tinggal di rumah yang sama. Temannya terbaik adalah Santa Kurosu. Miyu mulai menghadiri sekolah Kanata ini; mereka memiliki kesulitan menjaga rahasia mereka tentang hidup bersama, dan berpura-pura menjadi sepupu. Kanata belajar dari ibu Miyu bahwa mereka adalah teman masa kecil; ia mulai menyukai Miyu, menjadi mencintainya (tapi dia masih menggoda untuk menutupinya). Ibunya (Hitome) adalah teman baik ibu Miyu (Miki Kazouki), dan meninggal ketika dia berusia tiga tahun. Kanata tidak mau mengakui perasaannya yang sebenarnya bagi orang lain, terutama Miyu. Kanata mengungkapkan perasaannya benar untuk Miyu di episode ke-55.
Makanan favorit Kanata ini adalah labu. Dalam "The Blackout Halloween", ia mengungkapkan bahwa Kanata menyukai labu sejak ia masih bayi, ketika ibunya memberi makan kepadanya untuk pertama kalinya. Ruu panggilan Kanata "Papa", karena ia terlihat mirip dengan ayah kandungnya. Kanata adalah orang yang santai yang tidak suka berbicara sangat banyak (tidak seperti Miyu). Meskipun ia tampaknya tenang dan sedikit dingin, Kanata adalah orang yang penuh kasih, peduli. Dia memiliki perasaan untuk Miyu, tetapi sering membuat lelucon dari itu atau menjulurkan lidahnya untuk menyembunyikannya. Kanata mencintai ibunya, meskipun ia hanya mengenalnya untuk waktu yang singkat. Dalam bab 41 dari manga, ketika Miyu dan lain kembali ke waktu ibunya masih hidup. Miyu (yang mengenakan yukata diberi oleh Kanata) bertemu ibu Kanata ini; mereka berdua mengenakan yukata yang sama. Dalam manga, setelah Ruu dan Wannyā kembali ke planet asal mereka Kanata mengaku cintanya untuk Miyu dan menciumnya. Bertahun-tahun kemudian, ia menggantikan peran ayahnya sebagai biksu dan menikah dengan Miyu. Putri mereka, bernama Miu.

Ruu (ルゥ Rū)

Ruu adalah bayi alien dari Planet Otto, yang dapat melayang dan melakukan telekinesis pada objek. Ia mengembangkan cinta yang mendalam untuk Miyu dan Kanata, memikirkan mereka sebagai orang tuanya, dan sering membantu mereka. Dia menggunakan kemampuannya pada waktu yang tidak menyebabkan masalah besar untuk Miyu dan Kanata. Meskipun ia adalah seorang bayi, dia mengerti semua orang. Ruu tidak suka ketika Miyu dan Kanata bertengkar, karena ia menunjukkan ketidaksukaannya di episode 25 "Dengan ruu-kun di The Department Store". Ruu pun membuat damai Kanata dan Miyu. Ia juga bersikap sebagai bayi biasa. Untuk menjaga identitas dari orang lain  ia disebut sebagai adik Miyu (meskipun Ruu menyangkal itu, dan bersikeras memanggil Miyu "Mama". Ruu percaya Miyu dan Kanata adalah orang tua aslinya, dan tidak mengetahui kebenaran sampai akhir seri).

Wannya (ワンニャー Wannyā)

Wannyā (juga dikenal sebagai Baumiao, plesetan "Bow-meow") adalah kucing-seperti alien "sitterpet" dari Otto, dipercayakan untuk mengurus Ruu. Dia bisa berubah menjadi manusia (laki-laki berambut pirang yang Mikan sukai, atau seorang wanita berambut merah), hewan atau benda. Dia suka sekali mitarashi dango, dan menulis tentang kejadian tiap hari di komputerisasi "sitterpet" buku hariannya. Wannyā melakukan semua pekerjaan memasak dan membersihkan rumah. Dia memanggil Ruu sebagai "Ruu-chama" (kemungkinan kombinasi sama, yang menunjukkan rasa hormat dan chan, digunakan sebagai istilah dari sayang kepada anak-anak).

Christine Hanakomachi (花小町 クリスティーヌ Hanakomachi Kurisutīnu)

Dijuluki "Chris", Christine ini berambut merah muda, setengah-Perancis (melalui ibunya) dan kaya. Dia begitu tergila-gila dengan Kanata dan ia menjadi cemburu ketika dia melihat Kanata dengan Miyu atau gadis lain. Dia mengungkapkan kemarahannya dengan menunjukkan kekuatan super dalam mengambil benda-benda besar (seperti pohon dan meja) kemudian melemparnya. Kemudian, dia meminta maaf dan memperbaiki apa yang telah dirusak dengan alat (peralatan konstruksi) yang disimpan di tas sihirnya. Kecemburuannya biasanya dimaksudkan untuk menjadi lucu, tapi kadang-kadang digunakan dalam situasi yang serius. Chris tampaknya menyadari kekuatan supranatural nya; dia pemalu dan ramah. Berasal dari keluarga kaya, barang miliknya antara lain sebuah pondok musim dingin dan gunung bersalju. Dia tahu rahasia Ruu ini di awal manga tapi berjanji untuk tidak memberitahu, mengatakan bahwa dia diejek karena rambut merahnya dan penampilan yang berbeda ketika dia masih kecil. Namun, di anime dia tidak menemukan rahasia sampai akhir seri. orang tua Christine tidak pernah terlihat di anime; yang terlihat adalah Shikada yang mengenakan kostum rusa. Dia telah merawat Chris sejak kecil untuk membuatnya bahagia, karena cintanya pada rusa.

Momoka Hanakomachi (花小町 ももか Hanakomachi Momoka)

Sepupu Christine yang berumur 3tahun. Momoka sering mengendarai sepeda roda tiga, dan dia jatuh cinta dengan Ruu, menyatakan bahwa ia adalah pacarnya, dan mengatakan bahwa dia ingin menikah dengannya. Momoka memiliki dendam terhadap Miyu dan anak perempuan yang lebih tua lainnya; ia sering menyebut mereka Oba-chan,  yang membuat marah Miyu. Dia tampaknya suka Kanata dan memanggilnya "Kanata onii-chan". Momoka tahu dari Miyu dan Kanata tentang rahasia Ruu di episode "Momoka Passport", ketika ia melihat Ruu terbang untuk merebut kembali balon. Dari Episode 4 sampai 30, ia menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan, tidak peduli usia mereka, jangan menangis, tetapi di Episode 31, mengatakan bahwa itu semua hak untuk menangis, dan pemirsa bisa tahu dari raut wajahnya saat dia menangis dengan Ruu dan Wannya, yang berpakaian sebagai Rudolph the Red-Nosed Reindeer dan Santa Claus, masing-masing, dalam episode Natal pertama acara.

Aya Konishi (小西 綾 Konishi Aya)

Aya adalah teman sekelas Miyu dan Kanata. Aya dan Nanami menolong Miyu saat pertama bertemu. Saat itu Miyu dikejar-kejar fans Kanata yang ingin tahu kehidupan Kanata. Sejak saat itu mereka bertiga menjadi sahabat. Mereka sering belanja dan pergi bermain bersama. Aya ini sering membuat proyek drama dengan ceritanya sendiri. Saat membuat cerita, dia bisa menjadi gila. Bahkan sering menyusahkan Miyu karena rahasia Ruu nyaris terbongkar.

Nanami Tenchi (天地 ななみ Tenchi Nanami)

Nanami juga teman dekat Miyu. Nanami ini lebih bersikap dewasa daripada Aya. Nanami memiliki rambut coklat merah pendek. Nanami biasanya sangat menyenangkan dan energik, tapi kadang-kadang bisa sangat lelah setelah tugas yang sulit. Dia juga memiliki nafsu makan yang besar, dan suka pakaian gaya tua.

Santa Kurosu (黒須 三太 Kurosu Santa)

Santa adalah teman terbaik Kanata, yang aneh dan sering datang dengan ide-ide yang aneh. Dia menyukai rekaman lagu atau film lama. Miyu pernah berpikir bahwa Santa telah jatuh cinta dengan seorang gadis, tapi kemudian menemukan bahwa yang dikagumi adalah kamera gadis itu. Dia pertama kali bertemu Kanata melalui acara TV bernama Cactus Man (nama untuk karakter utama), yang memiliki peringkat rendah dan dibatalkan penayangannya. Kanata menyukai acara itu karena ia merasa pahlawan memiliki keberanian lebih dari pahlawan lainnya. Suatu hari, saat mengenakan kostum Cactus Man, ia bertemu Santa (yang mengenakan kostum yang identik). Tak lama kemudian mereka menempatkan kostum mereka dalam kapsul waktu, membukanya sepuluh tahun kemudian. Dia memiliki sahabat pena sebelum dia pergi untuk Jerman, dan saling bertemu secara pribadi.

Nozomu Hikarigaoka (光ヶ丘 望 Hikarigaoka Nozomu) 

Hikarigaoka ini merasa Kanata adalah saingannya. Hikarigaoka ini memiliki burung beo bernama Okame-chan. Okame-chan sellau dibawanya meski ke sekolah. Hikarigaoka ini juga pria keturunan luar. Dia sering memberikan bunga pada gadis-gadis. Dia memiliki perasaan istimewa pada Miyu dengan memanggilnya Miyu-cchi. Dia merupakan orang yang PD dan merasa semua orang menyukai dan kagum padanya.

Mikan Yamamura (山村 みかん Yamamura Mikan)

Mikan ini seorang mangaka berambut coklat pendek bergelombang. Mikan identik dengan jeruk (mikan) di atas kepalanya, terkadang jeruk digantinya dengan benda lain. Mikan ini sering tiba-tiba ke rumah Saionji dan menyusahkan mereka karena harus menyembunyikan atau menyamarkan Ruu dan Wanya. Miyu dan Kanata sering diminta membantunya dalam menyelesaikan manganya yang deadline. Mikan ini juga sering muncul tiba-tiba saat Miyu dan teman-teman membuat acara.

Miki Kozuki (光月 未来 Kōzuki Miki)

 Miki adalah ibu Miyu yang seorang astronot. Miki tidak pandai memasak dan cenderung ceroboh. Miki suka bersikap egois dan semena-mena. Ketika bertengkar dengan suaminya, tiba-tiba dia pergi ke Jepang untuk bertemu Miyu. Dia sering datang dengan mengenakan baju astronot.

Yuu Kozuki (光月 優 Kōzuki Yū)

Yuu ayah Miyu yang seorang ilmuwan luar angkasa. Yuu bertemu Miki ketika kuliah. Yuu adalah kakak kelas di klub astronomi dan meminta Miki untuk bergabung.

Housho Saionji (西遠寺 宝晶 Saionji Hōshō)

Hosho adalah ayah Kanata yang seorang biksu atau pendeta. Dia pergi ke luar negeri seperti India dan Nepal untuk latihan. Sering datang dan pergi secara tiba-tiba. Dia mengira Ruu dan Wanya adalah hantu yang tinggal di rumahnya.

Hitomi Saionji (西遠寺 瞳 Saionji Hitomi)

Hitomi adalah ibu Kanata yang telah meninggal. Hitomi bertemu Hosho ketika meminta bantuan untuk memoto dia bersama temannya, tapi Hosho salah sangka mengira dia diminta footo bersama teman-teman Hitomi. Hitomi menyukai hal-hal berbau luar angkasa, ibu Miyu bermimpi menjadi astronot juga karena Hitomi yang menyemangatinya.

Miss Mizuno (水野先生 Mizuno-sensei)

Mizuno sensei adaah guru Miyu dan Kanata. Dia sering salah tanggap yang menyebabkan Miyu dan Kanata selamat (rahasia tidak terbongkar). Dia juga teman Mikan. Jika ada drama dan pemain tidak bisa (biasanya Christine) dia bersedia menggantikannya.

Seiya Yaboshi (夜星 星矢 Yaboshi Seiya)

Seiya adalah alien yang sering berkunjung ke kediaman Saionji. Dia tahu bahwa Miyu menyukai Kanata, bahkan dia sering menyamar sebagai Kanata agar Miyu menciumnya. Dia bisa membaca pikiran orang dengan menyentuh tangannya.

Rui Yaboshi (夜星 流 Yaboshi Rui)

 Rui adalah kakak Seiya. Dia juga sering berkunjung ke rumah Saionji (karena mencari Seiya atau yang lainnya).

Teru Moroboshi (諸星 輝 Teru Moroboshi)

Adalah seorang polisi luar angkasa yang juga pacar Rui.

The Principal (校長 Kōchō)

Kepala sekolah ini menyukai hal-hal yang bertema monyet. Dulu kepala sekolah memiliki seekor monyet bernama Monkichi. Ketika ibunya memberi sebuah pisang, kepala sekolah memakan semuanya dan tidka membagi pada Monkichi. Akhirnya Monkichi pergi dan kepala sekolah sangat menyesal. Namun, Monkichi akhi bersama kembali dengan kepala sekolah.

Pepo (ペポ Pepo)

Pepo adalah alien binatang peliharaan Ruu. Dia berbentuk kecil dan bisa mengeluarkan listrik. Di awal kemunculannya dia sangat menyebalkan karena banyak makan. Wanya juga sempat cemburu pada Pepo karena Ruu memilih Pepo.

Durian (ドリアン Dorian)

Alien yang berusaha menculik Ruu dengan segala taktiknya. Dia merupakan ketua geng Waru-waru. Dia identik menggunakan kacamata hitam. Meski awalnya jahat, di episode akhir geng Waru-earu membanu Ruu dan Wanya agar bisa pulang ke planetnya.

Kiwi (キウイ Kiui)

Kiwi adalah anggota geng Waru-waru.

Guava (グアバ Guaba)

Guava juga anggota geng Waru-waru.

Akira Kijyo (喜上 アキラ Kijyō Akira

Akira adalah teman masa kecil Kanata. Mereka berdua pernah berjanji untuk mengunjungi sebuah taman. 

Miu Saionji (Saionji Miu)

Miu adalah anak dari Miyu dan Kanata. Di episode terakhir dia tampil seperti Ruu sebelum kembali ke planet Otto. Ketika Ruu kembali, Miu masih bayi.

Animasi ini  bisa mengingatkan masa kecil kita yang suka nonton kartun tiap Minggu. Jika ada yang mau download daa daa daa sub Indo bisa komen di sini, nanti akan aku buatkan link.

2 comments:

gladyselsha said...

kak, ada link buat baca manga shin daa daa daa??

Nuna Margie said...

Belum nemu. Aku pernah baca komiknya pas SMP (sekitar tahun 2004-2007). Kalau mau beli komiknya kemungkinan ada yang jual.

Post a Comment

Nuna. Powered by Blogger.
 

Nuna Margie Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review