Friday, December 9, 2016

Lakorn: Pesona Cinta (เมียข้างถนน/ Meīy k̄ĥāng t̄hnn)

Posted by Unknown at 1:53 PM
Selamat pagi.

Karena senang telah mendapatkan video Kabut Cinta versi Thailand, maka kemarin membahas tentang Kabut Cinta versi Thailand. Nah, kepikiran nih untuk bahas lakorn yang lain. Komentar di blog banyak yang tanya cerita tentang Raka/Rekka/Racha dan Bia. Maka mulailah saya mencari ini drama. Di mulai dari blog-blog yang membahas drama ini. Kemudian mencari di google dengan tulisan Thailand yang sangat membuat kepala pusing. Demi mendapatkan informasi, bahasa alien pun akan aku gunakan, haha.

Sebenarnya aku tidak ingat dengan drama ini, tapi demi sesuatu yang zadul dan aku ingin mengingatnya ya harus mencari tahu dong. Nah,kita mulai dengan penemuan pertama di blog orang Indonesia.Ada yang komentar nih menemukan drama ini di kamutube. Nah, aku search dong. Memudahkan saya sih soalnya pakai tulisan Thailand. Sejauh pengalaman saya, lebih mudah menemukan video zadul Thailand dengan judul asli dan tulisan Thailand, syukur-syukur ada tahu Thailandnya pasti makin mudah.

Aku hanya ingin minta pendapat kalian yang masih ingat dengan drama ini apakah benar video ini Pesona Cinta yang kita maksud?


Jika benar, maka saya akan melanjutkan pencarian. Jika salah ya saya akan tetap melanjutkan pencarian sampai ketemu yang benar. Haha. Aku berharap kalian bisa bantu. Nah, berhubung sudah ketemu (jika video di atas memang benar), saya akan mengulas ya. Kalau salah ya tinggal hapus postingan ini dan memosting yang benar nanti.

Ok, lanjut. Saya buka kamutube dong. Nah yang unggah tuh video orang Thailand. Dia cuma ngasih info:

Preang Ngow เพรงเงา ออนแอร์ 1998-1999 (Preang Ngow / bayangan di udara 1998-1999)
Lakorn Thai ch3 TV SCREEN
นำแสดงโดย.....อู๋ ธนากรณ์ รับบท แสนบุญ (Dibintangi oleh Xū̌ ṭhnākr ṇ̒ rạb bth s̄æn buỵ)

Ok. Sudah nemu itu pemain (entah itu satu apa dua orang). Saya cari deh itu pemain di gugel. Jreng jreng nemu bahkan ada wikipedianya. Alhamdulillah sekali diberi kemudahan. Setelah klik thu yang wikiped, dia adalah pemain cowoknya. Hmm setelah dilihat koq nggak begitu ganteng ya, haha. Tapi, sama koq sama pemainnya walaupun foto yang di wikiped itu sudah tua sekarang.

Pemain cowok bernama ธนากร โปษยานนท์ (Ṭhnākr pos̄ʹ yā nnth̒).
Saya mulai dah mentranslate judul filmnya dan pemainnya.
Mengejutkan.

Dia main di เกมกามเทพ (kem kāmtheph) bacaannya mirip Gam Ma Thep (Badai Asmara) setelah aku translate ternyata bahasa Indonesianya "Permainan Dewa Asmara" Lha koq mirip judul Badai Asmara dalam bahasa Inggris "Cupid Game". Terlebih lagi dia merasnin ภูษา (กำนัน) atau P̣hūs̄ʹā (kảnạn / kepala desa). Bagi yang masih ingat dia ini beneran yang main di Badai Asmara bukan? Mohon bantuan agar semakin jelas.

Ok. Lanjut translate drama lainnya. Tentu saja เพรงเงา (Pherng ngeā) alias Bayangan di Udara atau Pesona Cinta. Di sini dia berperan sebagai แสนบุญ (s̄æn buỵ), mirip mirip sama yang dibahas kebanyakan orang ya, Kak Bia. Kata Buy mungkin di Thailand dibaca Bia. Maklum tulisan Thailand memang berbeda cara membaca.

Di tahun yang sama juga 1998 (2542 tahun Thailand) dia bermain dalam ปัญญาชนก้นครัว (Pạỵỵāchn k̂nkhrạw) sebagai วเรศ (ตั้ม) atau wreṣ̄ (tậm). Sepertinya drama ini aku kurang tahu. Mungkin nggak masuk di Indonesia.

Pemeran laki-laki sudah. Kita cari cari informasi lainnya. Karena tidak menemukan cara mendapatkan informasi pemain perempuan. Maka mulailah saya mengetik เพรงเงา di pencarian gugel. Ada catatannya bahkan di wikipedia. Aku klik yang wikipedia itu. Lha koq ternyata ceritanya beda. Pemeran wanitanya bukan Racha tapi Mariam. Cerita tentang si Mariam yang memiliki kekuatan indera keenam. Apa infonya salah ya? Jadi bingung.

Wah saya bisa simpulkan berarti itu video di atas bukan Pesona Cinta. Mungkin pemainnya sama gitu jadi ada orang yang mikirnya itu Pesona Cinta.

Lanjut cari informasi lain. Baca blog lain. Ketemu judul lakornya Mia Kang Tanon (เมียข้างถนน). Alhamdulillah dapat pencerahan. Cari deh itu di gugel. Ada, walaupun dari toko dvd sih.
Bagi yang mau beli silakan kunjungi:
https://www(dot)ethaicd(dot)com/show.php?pid=75593
Dot dalam kurung diganti titik.
FYI, toko di atas toko dari luar negeri dan harga DVD itu 30,5 US Dolar. Mahal banget. Tapi kalau kalian ada yang mau beli mohon uploadlah ya. Biar orang-orang seperti kami ini bahagia gitu.

Jadi, drama ini produksi tahun 1994 (baru dua tahun umurku. Masuk ke Indonesia entah kapan). Pemainnya Kwanrudee Klomklorm, Ron Bunjongsarng [ ขวัญฤดี กลมกล่อม, รอน บรรจงสร้าง ]

Mulai ngecek di wikiped tentang Kwanrudee ini. Ketemu. Jreng Jreng. Dia memang yang jadi Raca.
เมียข้างถนน (meīy k̄ĥāng t̄hnn atau Mia Kang Tanon) sebagai rachā phibūly̒ p̣hạkdi̒ (ระชา พิบูลย์ภักดิ์). Nah ini baru bener.

Cari info pemain laki-laki รอน บรรจงสร้าง (Rxn brrcng s̄r̂āng) sebagai เบียร์ บำนาญรักษ์ (Beīyr̒ bảnāỵ rạks̄ʹ̒ ) Mungkin biar gampang diucapin sama lidah orang Indonesia makanya disebut Bia. Di pengucapan Thailand dan tulisan memang terkadang berbeda.


Sekian informasi yang saya dapat. Kalian bisa meneruskan pencarian informasi menggunakan informasi yang saya temukan. Jika sudah menemukan informasi dan kebenarannya tolong bisa komentar di sini atau beri tahu saya. Biar saya juga ikutan update.

4 comments:

Unknown said...

https://www.youtube.com/watch?v=EO35KK4uKuI ini link badai asmara min.. kalo gasalah.. ada si bok nya rambutnya bondol

aidhe.blospot.com said...

bukan itu ..bukan Badai Asmara

Unknown said...

Bingung juga ya. Ada yg bilang itu Badai Asmara ada yg bilang bukan. Sudah lama banget sih ya jadi ingatan agak samar".

putri said...

pemeran adik bia siapa yaaa?? ada info

Post a Comment

Nuna. Powered by Blogger.
 

Nuna Margie Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review