Thursday, May 12, 2016

Nostalgia Kuis-Kuis Terkenal Jaman Dulu

Posted by Nuna Margie at 8:05 PM
Reactions: 
Selamat sore, teman-teman!
Hari ini hari Kamis, saya sudah mmebuat jadwal sih kalau hari Kamis waktunya membahas hal-hal yang berhubungan masa kecil aku gitu. Maklum saja, sering sih aku mengenang masa kecil. Pengen kembali merasakan pengalaman sewaktu kecil gitu.
Yosha! Kali ini saya mau bahas tentang kuis-kuis di TV yang dulu pernah saya tonton. Maklum saja, masa kecilku juga sering nonton TV. Nggak seperti sekarang yang hampir tidak pernah menonton TV lagi. Habisnya kalau nonton TV suka kalah sama Ibu Suri yang sukanya nonton India di ANTV. Padahal drama Indianya dari pagi sampai malam ada terus. Lagi pula di TV sudah nggak ada acara bagus lagi, ya mending online nonton laptop. Betul?
Ngomong-ngomong tentang kuis, sekarang pun masih banyak kuis sih, tapi nggak berkesan seperti kuis zaman dulu gitu. Kalau sekarang mah menjamurnya audisi-audisi gitu. Ada sih kuis zaman dulu yang ditayangin lagi dengan konsep dan pembawa acara yang berbeda. Kalau menurutku sih rasanya juga berbeda. Atau judul kuis yang dulu ditambahi sepatah dua patah kata biar kesannya sama tapi beda gitu.
Tidak usah berpanjang lebar. Mulai kita bahas yoo.

1. Celoteh Anak
Kuis Celoteh Anak ini aku pernah beberapa kali nonton.
Katanya sih sebelum jadi Celoteh Anak nama kuis ini bernama Kata Si Kecil. Kuis Indonesia ini berdasarkan lisensi acara Child's Play. Dalam acara kuis ini, 2 orang kontestan saling berkompetisi untuk menebak apa yang berada di dalam pikiran anak-anak. Acara Kata Si Kecil ditayangkan sejak tanggal 22 Juli 1996 sampai 12 Juni 1998 di ANTV selama 30 menit dan pembawa acara kuis ini adalah Kepra.
Celoteh Anak ini tayang di Indosiar dengan pembawa acara Dewi Hughes yang khas dengan kerudung topinya. Kuis Celoteh anak ini mulai pada 8 Februari 2001 sampai 24 Desember 2005.
Dari kedua nama di atas, saya sih lebih tahu Celoteh Anak. Seingatku sih permainan ini menghadirkan anak-anak kecil di dalam beberapa layar, nah salah satu peserta diminta memilih anak mana yang akan didengar celotehannya. Setelah memendengar nih, video anak ini akan di paus gitu. Nah si peserta bakal nebak nih kira-kira anak ini bakal ngomong apa atau milih apa gitu. Selebihnya sih lupa, hehe.

2. Dangdut
Beberapa kali juga nonton kuis ini meski terpaksa karena nggak suka dangdut dan nggak ada acara bagus lain. Inget banget sama jingle kuis ini "Apaan tuh?" sama Jaja Mihardja dengan memicingkan satu mata, terus dijawab deh dengan "Kuis Dangdut".
Kuis ini tayang di TPI dari 3 September 1994 sampai 24 April 2004. Dalam kuis ini dibagi dua tim dengan masing-masing tiga peserta. Tim pertama Dang dan tim kedua Dut, nggak pernah berubah kayaknya. Kuis ini nebak-nebak lagu dangdut gitu, jawabnya juga pakai nyanyi. Nah kuis ini juga ada disuruh joget diiringi lagu gitu, nah pas lagu berhenti mendadak peserta juga harus berhenti joget dan nggak boleh gerak harus sesuai posisi sewaktu lagu berhenti.

3. Family 100
Meski sering dibuat ulang acara Family 100 nih aku lebih suka dengan versi Sonny Tulung. Lebih-lebih yang di Indosiar, walaupun di Indosiar sebenarnya lanjutan dari Family 100 yang ada di ANTV. Kalau di ANTV acara dimulai dari 1 April 1996 sampai 28 November 1998. Sedangkan, di Indosiar mulai dari 5 Juli 1999 sampai 29 Agustus 2004.

4. Indosat Galileo
Yang paling aku inget dari kuis ini adalah pemenangnya dikasi boneka sarjana. Pemandu kuis ini adalah Rony Waluyo dan Susan Bachtiar di SCTV. Kuis ini dimulai pada 2 Mei 1999 sampai 27 April 2003.
Kalau menurut aku sih kuis ini kayak menguji kepintaran secara ilmiah gitu. Soalnya selalu ada peragaannya gitu, terkadang juga butuh alasan yang logis.
Dulu nih pengen banget sama bonekanya.

5. Kata Berkait
Kuis ini sering aku mainkan juga sama teman-teman nih. Tinggal gambar tangga, isi deh paling atas dan paling bawah. Teman disuruh ngisi deh.
Kata Berkait merupakan sebuah acara kuis Indonesia yang disiarkan RCTI yang dipandu oleh Nico Siahaan yang kemudian dilanjutkan oleh Taufik Savalas. Acara ini ditayangkan setiap hari Senin-Jumat, sejak tanggal 2 Oktober 1995 sampai 28 Desember 2001. Berisi acara yang berhubungan dengan permainan kata-kata dan mengudara selama 30 menit.
Ini merupakan salah satu kuis favorit saya nih.

6. Komunikata
Komunikata adalah sebuah kuis Indonesia berdasarkan lisensi Hot Streaks milik FremantleMedia sejak tanggal 25 September 2000 sampai 30 September 2005 di TPI.  Dalam acara ini, 2 kelompok kontestan saling adu kemampuan berkomunikasi dan berkata-kata. Acara ini dibawakan oleh Isam Surentu yang kemudian digantikan Indra Bekti pada 4 bulan terakhir penayangannya. Kuis ini kemudian bereinkarnasi menjadi Katakan Katamu (ANTV, 2010-2011) dan Kata Bergaya (ANTV, 2014).
Di babak permainan, setiap kelompok harus memainkan sebuah kata. Tugas kontestan adalah menebak kata soal dengan petunjuk dari kontestan sebelumnya. Waktu bermain untuk setiap kelompok adalah 40 detik. Permainan suatu kelompok akan berakhir jika waktu habis, mengulang kata bantu yang telah dipergunakan sebelumnya (kecuali untuk kata-kata tertentu), menyebutkan kata soal, atau menggunakan istilah asing yang tidak lazim dipergunakan. Jika ke-4 kontestan penebak berhasil menjawab kata yang dimainkan (sapu bersih), maka kelompok kontestan yang melakukan sapu bersih itu akan mendapat hadiah bonus Rp500.000,00.
Skor yang akan diperoleh kelompok setiap kontestan penebak yang berhasil menebak kata soal adalah 5 poin di babak I-II dan 10 poin di babak III.
Kelompok kontestan yang perolehan skor akhirnya lebih tinggi di akhir babak III akan masuk ke babak bonus, yang lebih rendah perolehan skor akhirnya akan mendapat hadiah hiburan saja. Jika ke-2 kelompok kontestan memperoleh skor akhir sama kuat, maka akan diadakan babak tie break (penentuan). Pembawa acara akan memberikan 1 kata soal, kemudian kontestan terdepan dari kelompok yang menempati posisi sebelah kanan (posisi juara bertahan) pembawa acara mempunyai hak untuk memainkan kata soal tie break atau melemparkan kata soal tie break kepada lawannya. Kelompok pemain soal tie break harus melakukan sapu bersih untuk menang. Jika tidak sapu bersih, maka kelompok lawannya akan masuk ke babak bonus. Nilai akhir kelompok pemenang setelah tie break selesai tidak akan berubah.
Aku pernah ngikutin kuis ini sama teman-teman nih di rumah. Berhubung cuma empat bersahabat, kuis pun cepat selesai, haha.

7. Piramida
Kuis Piramida ini dipandu oleh Ronny Sianturi di RCTI sejak tanggal 30 Oktober 1995 sampai 29 Desember 2000. Kemudian acara ini bereinkarnasi menjadi Piramida Baru yang (tetap) ditayangkan di RCTI (2001-2003). Acara ini merupakan adaptasi dari kuis Amerika Serikat yakni The $10,000 Pyramid.
Di babak Piramida Kecil, 2 pasang kontestan akan beradu kecepatan dan ketepatan menebak kata/frasa. Terdapat 6 kategori dalam babak ini. Di setiap kategorinya terdapat 6 kata/frasa yang harus ditebak dengan tepat oleh kontestan penjawab. Waktu untuk memainkan setiap kategori adalah 30 detik. Kata/frasa jawaban yang dilewatkan (di-pass) tidak dapat diulangi, meskipun masih ada cukup waktu. Salah satu dari 6 kategori merupakan kategori piramida emas, dimana jika ke-6 kata di dalamnya sukses tertebak, kontestan pemainnya akan mendapatkan hadiah bonus berupa barang. Pasangan kontestan dengan skor akhir lebih besar setelah ke-6 kategori dimainkan, akan masuk ke babak piramida besar. Jika skor akhir ke-2 pasangan kontestan sama kuat, maka akan diadakan 2 kategori ekstra (setiap pasangan kontestan hanya memainkan 1 kategori ekstra). Babak piramida kecil dimainkan 2 putaran tiap episode.
Babak ini hanya dimainkan oleh pasangan kontestan pemenang babak piramida kecil dan dimainkan 2 putaran tiap episodenya. Di babak ini, kontestan pengarah harus dapat mengarahkan kontestan penjawab untuk dapat menjawab 6 kalimat jawaban di babak ini (semuanya berhubungan dengan suatu kategori). Waktu untuk bermain di babak bonus adalah 70 detik. Jika kontestan pengarah mengucapkan kata yang merupakan bagian dari kalimat yang sedang ditampilkan, maka kalimat tersebut akan didiskualifikasi sehingga hadiah yang dapat diperoleh dari kalimat tersebut tidak dapat diperoleh. Kalimat yang di-pass dapat diulangi lagi jika masih ada cukup waktu.

8. TAK TIK BOM
Tak-Tik Boom adalah salah satu acara kuis Indonesia ciptaan Ani Sumadi yang dipandu oleh Dede Yusuf. Dalam acara ini, 2 kontestan saling adu pengetahuan dan strategi. Acara ini ditayangkan di RCTI, pada dekade 1990-an dan 2010-an.

9. Tebak Gambar
Tebak Gambar adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam acara ini, 2 orang kontestan akan menebak sebanyak-banyaknya kata/frasa/kalimat yang diisyaratkan dalam gambar-gambar animasi. Kuis Tebak Gambar ditayangkan di RCTI setiap Senin-Jumat, pukul 12:30-13:00 WIB, sejak tanggal 2 Juli 2001 sampai 28 Februari 2003, Acara ini dibawakan oleh David Chalik.

10. Siapa Berani
Siapa Berani? adalah sebuah acara kuis Indonesia ciptaan Helmy Yahya. Acara kuis ini dibawakan oleh Helmy Yahya dan Alya Rohali, dan pernah dibawakan oleh Iszur Muchtar, Edwin Manangsang, Denny Chandra, Becky Tumewu, dan Debby Sahertian. Kuis Siapa Berani? ditayangkan sejak 3 Juli 2000 hingga 30 Desember 2005 dan ditayangkan di Indosiar setiap Senin-Jumat pukul 08:00-09:00 WIB.
Selanjutnya, kuis ini bereinkarnasi menjadi Siapa Lebih Berani? (RCTI, 2009), Siapa Paling Berani? (ANTV, 2011), dan Neo Siapa Berani? (TVRI, 2015). Di babak pertama, pembawa acara akan memperlihatkan sebuah kata yang terdiri dari 5 huruf. Tugas setiap kelompok adalah menuliskan sebanyak-banyaknya kata yang terbentuk dari huruf-huruf yang ada pada kata yang diperlihatkan oleh pembawa acara, dengan ketentuan Kata yang dituliskan wajib terdiri dari minimal 4 huruf, Harus terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tidak boleh dimulai dengan huruf besar/kapital, Waktu yang disediakan hanya 1 menit, Jika waktu habis, maka juru tulis dari setiap kelompok harus berhenti menulis, dan pemimpin kelompok (posisi nomor 2 pada setiap kelompok) diminta berdiri untuk memperlihatkan hasil jawaban kelompoknya kepada pembawa acara, Setiap kata yang terjawab benar akan dihadiahi skor 10 poin bagi perwakilan dari setiap kelompok.
Banyak babak deh di kuis ini. Sampai bosen aku nonton, haha. Kelompokan juga lai kalau tidak salah ada 5 kelompok yang terdiri atas masing-masing kelompok 20 orang. Mana ada yel-yel.

11. Roda Impian
Roda Impian adalah sebuah kuis Indonesia berdasarkan lisensi Wheel of Fortune milik Sony Pictures Television Amerika Serikat yang ditayangkan sejak tahun 1983 (versi sindikat). Dalam acara ini, 3 kontestan saling berkompetisi mengungkap teka-teki suatu frasa atau kalimat tersembunyi dan memperebutkan skor setinggi-tingginya. 
Regulasi permainannya Kontestan harus memutar roda terlebih dahulu untuk menjalankan gilirannya sebelum memilih 1 huruf konsonan. Jika konsonan yang dipilihnya tidak ada, maka kesempatan berpindah ke kontestan lain. Sebaliknya, jika konsonan yang dipilihnya ada, maka skor miliknya akan bertambah sebesar nilai angka pada juring tertunjuk dikalikan jumlah konsonan terpilih yang muncul.Jika kontestan ingin membeli huruf vokal, maka ia harus meminta izin dahulu kepada pembawa acara, dan skornya dikurangi 10 poin. Jika putaran roda berhenti di juring bangkrut, maka giliran akan berpindah, dan skor kontestan tersebut akan menjadi 0. Jika putaran roda berhenti di juring rehat dulu, maka giliran akan berpindah, dan skor kontestan tersebut tidak berubah. Jika putaran roda berhenti di juring putar gratis, maka kontestan akan memperoleh 1 kesempatan putar gratis setelah menebak 1 konsonan dengan benar, dan skornya tidak berubah. Waktu berpikir setiap kontestan adalah 5 detik. Jika 5 detik selesai, maka giliran akan berpindah ke kontestan selanjutnya. Jika seorang kontestan berhasil mengungkap teka-teki tersebut dengan benar, maka skor akhir dari ke-2 kontestan lawannya akan menjadi 0. Kontestan dengan skor akumulasi tertinggi akan masuk ke babak bonus.
Saya pernah nih bikin tiruan kuis ini pakai sepeda yang dibalikkan. Nah rodanya ditempeli kertas gitu. Kalau ingat mah bikin geli, hihi. Kayak main di tempat perjudian gitu.

12. Tebak Harga
Tebak Harga adalah acara kuis Indonesia berdasarkan lisensi dari The Price is Right milik FremantleMedia. Dalam acara ini, setiap kontestan diuji pengetahuannya tentang harga-harga barang. Kuis Tebak Harga ditayangkan sejak pada tanggal 17 Desember 2001 sampai dengan 31 Juli 2002 di Trans TV dan dibawakan oleh Muhammad Farhan.
Pada tahun 2003-2005 di Trans TV dan 2010 di Indosiar yang acara ini bereinkarnasi menjadi The Price is Right.
Inti kuis ini sih nebak harga suatu barang yang dipajang gitu. Yang mendekati benar yang bakal bawa itu hadiah atau bakal menang. Lumayan tuh, walaupun nggak menang bisa bawa barang kalau nebaknya hampir tepat.

13. Aksi Unang Ulfa
Aksi Unang Ulfa merupakan sebuah acara kuis yang disiarkan oleh TPI dan pembawa acaranya ialah Ulfa Dwiyanti dan Unang. Acara ini pertama kali dimulai pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2002. Berisi acara yang berhubungan dengan kuis dan mengudara selama 60 menit.
Yang kuingat di kuis ini sih peserta disuruh pilih satu balon nah di dalam balon itu ada kertas berisi perintah (kalau tidak salah). Pokoknya dulu mah suka banget sama kuis ini. Apalagi pembawa acaranya komedian.

14.Kocok-Kocok
Kuis Kocok-Kocok Tayang di SCTV mulai tahun 2002 - 2006 Siaran Langsung Setiap Hari jam 13.00 wib - 14.00 wib (Senin-Jumat).

15. Lupa nama kuisnya
Jadi yang ikut kuis anak kecil gitu. Terus disuruh nyari kertas yang disembunyiin gitu. Nah biasanya disembunyiin di boneka-boneka gitu. Pokoknya kuis ini paling favorit deh, soalnya banyak boneka. Kuisnya juga kayak bermain gitu.
Dulu sama saudara ngikutin bikin kuis kayak gini, berhubung nggak punya banyak boneka akhirnya main di halaman. Kertasnya disembunyiin di pohon-pohon, batu-batu dan sebagainya yang ada di taman gitu. Lupa banget sama kuis ini, tapi yang jelas suka banget sama kuis ini. Kuis Kurcaci apa kuis Harta Karunya? Atau jangan-jangan kuis lain. Entahlah, lupa.

Sumber: Wikipedia dan Pengalaman sendiri

0 comments:

Post a Comment

Nuna. Powered by Blogger.
 

Nuna Margie Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review